Pengaruh Digital Marketing dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying


Berdasarkan penjelasan mengenai konsep serta teori yang ada mengenai topik yang akan diteliti, dapat kita pahami bahwa perilaku pembelian secara impulsif pada situs Lazada.co.id tidak terlepas dari pengaruh berbagai stimulus atau rangsangan yang melatar belakanginya. Hal tersebut dipertegas oleh pernyataan Piron (1991: 512), dimana pembelian impulsif merupakan suatu bentuk pembelian yang tidak terencana, sebagai hasil dari suatu terpaan akan stimulus dan diputuskan di tempat.

Dalam penelitian ini peneliti berasumsi bahwa stimulus atau rangsangan yang utama melatarbelakanginya dalam bidang komunikasi pemasaran yaitu kegiatan program promosi berupa digital marketing dan sales promotion yang dilakukan oleh situs Lazada.co.id. 36 Promosi dalam bisnis berbasis e-commerce memiliki peranan penting dalam menunjang kegiatan penjualan produk secara online, dimana hal tersebut menjadi hal penentu dalam memperoleh dan mempertahankan pelanggannya.

Pada situs Lazada.co.id untuk dapat memperoleh dan mempertahankan pelanggannya dan selanjutnya terdorong untuk melakukan pembelian dibutuhkan suatu kegiatan promosi yang baik serta menarik. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh situs Lazada.co.id menggunakan informasi serta dorongan secara persuasif dan informatif agar bisa mempengaruhi perilaku konsumennya. Peneliti berasumsi bahwa sebagai situs penyedia layanan belanja secara online, salah satu elemen bauran promosi yang dominan serta berperan penting dalam dalam menstimulus terjadinya pembelian secara langsung serta impulsif adalah elemen bauran pemasaran digital atau internet.

Selain didasarkan pada asumsi bahwa konsumen potensial untuk melakukan pembelian secara online, konsumen juga pengguna aktif media online itu sendiri. Selain itu juga pemasaran digital atau internet memungkinkan konsumen online untuk melakukan pembelian secara langsung dan segera disaat setelah konsumen menerima pesan promosi.

Elemen bauran promosi lainnya yang menurut peneliti juga cukup berperan penting dalam menstimulus atau merangsang terjadinya pembelian secara langsung dan segera adalah sales promotion atau promosi penjualan, hal tersebut didasarkan pada pendapat bahawa sales promotion atau promosi memiliki tujuan serta karakteristik menstimuli penjualan secara cepat dengan memanfaatkan, potongan harga, kupon, kontes, dan lainnya.

Berdasarkan hal tersebut maka peneliti berasumsi bahwa digital marketing dan sales promotion memberikan suatu stimulus atau rangsangan dalam terbentuknya suatu respon atau tanggapan berupa impulse buying atau pembelian secara impulsif pada konsumen situs Lazada..co.id.

Perilaku impulse buying atau pembelian secara impulsif awalnya terjadi pada ranah offline seperti pada toko pada umumnya. Namun seiring dengan perkembangan internet, kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif secara online juga semakin meningkat. Hal tersebut disebabkan beragam kemudahan yang ditawarkan melalui teknologi internet seperti metode e-commerce atau online shop yang memberkan efesiensi waktu, usaha, dan biaya.

Hal tersebut juga diperkuat melalui pendapat yang dikemukakan oleh Stern (1962: 60) yang menyatakan bahwa ada hubungan yang positif antara kemudahan dalam membeli dengan pembelian impulsif. Selain dipengaruhi oleh elemen kemudahan dalam bertransaksi yang termasuk dalam stimuli pelayanan, pemasar juga semakin gencar menciptakan stimulus atau rangsangan untuk mendorong konsumen melakukan keputusan pembelian secara cepat melalui stimuli pemasaran berupa berbagai serangkaian kegiatan promosi. 

0 Response to "Pengaruh Digital Marketing dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel