Menganalisis Pasar Konsumen Dan Perilaku Pembeli


Perilaku pasar konsumen dan barang yang dibeli konsumen perlu  dipahami sebelum rencana pemasaran dapat dikembangkan. Pasar konsumen membeli barang-barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pasar  konsumen adalah sasaran akhir, dan untuk itulah kegiatan ekonomi  dilakukan. Pasar terdiri dari beberapa bagian, seperti konsumen orang  kulit hitam, konsumen orang dewasa muda, dan konsumen yang sudah  berusia lanjut. Dalam menganalisis Pasar konsumen, beberapa faktor  perlu dipahami, yaitu penghuni sasaran, tujuan pembeli, organisasi,  operasi, kesempatan, dan tempat penjualan.

Perilaku pembeli dipengaruhi oleh empat faktor utama: kebudayaan  (budaya, subbudaya, dan kelas sosial), sosial (kelompok referensi, keluarga, peranan dan status), pribadi (usia, dan tahap perjalanan hidup,  pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup, dan kepribadian serta konsep  diri), dan psikologis (motivasi, persepsi, belajar dan kepercayaan Serta  Sikap). Kesemuanya ini memberikan petunjuk berkenaan dengan bagaimana menjangkau dan melayani pembeli secara efektif.

Sebelum Memorandum merencanakan pemasarannya, sebuah perusahaan  perlu mengenal konsumen sasaran dan tipenya daripada proses keputusan  yang dilalui mereka. Sementara sebagian keputusan membeli melibatkan  hanya seorang pembuat keputusan, keputusan membeli lainnya mungkin  melibatkan beberapa peserta, yang memainkan peranan seperti pengambil  prakarsa, orang yang mempengaruhi, pembuat keputusan, pembeli, dan  pemakai. Tugas para pemasar adalah mengenali peserta-peserta kegiatan  membeli lainnya, kriteria mereka membeli sesuatu, dan kadar pengaruh  yang mereka berikan terhadap pembeli. Program pemasaran perlu dirancang untuk memikat dan menjangkau pihak-pihak lain yang ikut  menentukan dalam membeli sesuatu, sebagaimana halnya program  untuk para pembeli.

Jumlah kegiatan pembeli secara sengaja Serta berencana dan jumlah  peserta dalam membeli suatu produk, meningkat seiring dengan rumitnya  situasi membeli. Para pemasar harus merencanakan secara berbeda  kegiatan untuk keempat tipe tingkah laku membeli konsumen, yaitu  tingkah laku membeli yang kompleks, tingkah laku membeli untuk  mengurangi ketidakcocokan, tingkah laku membeli sebagai kebiasaan,  dan tingkah laku membeli mencari keragaman. Keempat tipe ini  didasarkan pada masalah apakah konsumen memiliki keterlibatan yang  tinggi atau rendah dalam membeli dan apakah terdapat perbedaan yang  banyak atau sedikit di antara merek-merek.  Dalam tingkah laku membeli yang kompleks, pembeli akan berjalan itu memungkinkan pemasar untuk mengembangkan sebuah program  pemasaran yang efektif dan penting artinya bagi pasar sasaran.

0 Response to "Menganalisis Pasar Konsumen Dan Perilaku Pembeli "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel