Teknologi Digital Telah Memicu Revolusi Dalam Banyak Pasar


Dewasa ini, segala hal bisa ditransformasikan menjadi nol dan satu:  gambar, audio, suara, teks, dan data. Semuanya bisa diubah. Yang belum  muncul adalah kemampuan untuk menduplikasi bau dan rasa. Mungkin  hanya masalah waktu.  Teknologi digital telah memunculkan berbagai tipe produk baru:  komputer, TV Interaktif, personal digital assistant, telepon digital, pencuci-  piring pintar, microwave, toaster, dan lain sebagainya.

Teknologi juga  merambah produk-produk paling sederhana: buku kini muncul bersama  audio dan boneh yang menyanyikan 20 melodi. Global Positioning  Systems (GPS) telah menimbulkan sejumlah layanan satelit baru seperti  penentuan-lokasi mobil curian Serta orang dan binatang hilang.  Dan terakhir muncul Internet yang memungkinkan orang-orang  mengontak jutaan orang lain dengan biaya hampir nol. Internet selanjutnya  menciptakan revolusi informasi, konsumsi, dan praktik komunikasi  konsumen; kita bahkan masih berada pada fase awal dari revolusi ini.

Lebih banyak produk baru tengah dikembangkan untuk menantikan  produk-produk yang baru bersama kita selama beberapa tahun. Dengan  semakin membaiknya teknologi, produk-produk baru ini semakin mudah  di-upgrade. Aplikasi merek-dagang ke U.S. Patent Office per tahun hampir  meningkat dua kali lipat selama tahun 1990-an.

Pemasaran dimulai dengan mempelajari kebutuhan-kebutuhan konsumen  dan cara memenuhinya. Namun, banyak produsen terlalu berfokus pada  menjual produk dan melupakan kebutuhan-kebutuhan konsumen.  Ambillah kasus produsen mistar hitung. Mistar hitung terbuat dari kayu  gliding atau plastik, dan di atasnya tercetak angka-angka. Dengan  mendorongnya, seorang pemakai dapat melakukan sebagian besar  perhitungan aritmetik. Pada masa jayanya, setiap insinyur menggunakan  mistar hitung, begitu juga pelajar dan mahasiswa.

Tetapi penjualan mulai  menurun menyusul kemunculan kalkulator elektronik. Kalkulator  elektronik mampu menghitung lebih cepat dan lebih akurat. Jelas,  penjualan mistar hitung anjlok karena kalkulator elektronik mampu  memenuhi kebutuhan-kebutuhan pemakai secara lebih baik.  Dapatkah produsen mistar hitung menyelamatkan penjualan dengan  men√¶unakan strategi-strategi tradisional, yaitu segmentasi, targeting, dan  positioning? Akankah membantu jika mereka membuat mistar-mistar  terpisah untuk beberapa grup berbeda dengan warna berbeda dan dengan  mengiklankan bahwa mistar akan enak dipegang dan digunakan? Tidak!

0 Response to "Teknologi Digital Telah Memicu Revolusi Dalam Banyak Pasar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel