4 Strategi Yang Perlu Anda Terapkan Dalam Bisnis Anda


Strategi Profit Tinggi (High Profit Strategy)

Menerapkan strategi ini dengan menetapkan harga tinggi untuk mendapatkan laba kotor sebanyak mungkin dan promosi tinggi untuk penetræsi pasar. Alasan penggunaan strategi ini adalah sebagai berikut: sebagian besar Pasar potensialnya masih belum menyadari produk tersebut karena itu perlu dilakukan promosi yang agresif, dan sebagian ada yang menyadari serta bersedia membayar berapa Saja sehingga ditetapkanlah harga yang tinggi. Beberapa tahun terakhir, hal tersebut banyak dilakukan oleh usaha jasa spa aromaterapl, yang memang pangsa pasarnya terus mengalami kenaikan. Promosi yang besar juga disertai dengan pengenaan jasa tarif yang tinggi karena sebagian besar spa membidik segmen pasar kelas ekonomi atas.

Strategi Penetrasi Preemtif(Preemtive Penetration Stratey)

Harga yang ditetapkan rendah, retapi promosinya tinggi. Tujuannya untuk penetrasi Pasar dengan cepat dan mendapatkan market share yang tinggi. Strategi ini digunakan karena: pasarnya sangat luas, relatif seluruh Pasar belum mengetahui produk tersebut, kebanyakan pembeli sangat peka terhadap harga, dan terdapat persaingan yang kuat. Hal seperti ini biasanya terjadi pada produk rokok baru atau kartu dan program baru dari operator seluler.

Misalnya, rokok mild yang memiliki pangsa Pasar besar tapi dari 10 tahun lalu hanya dikuasai oleh segelintir kecil perusahaan. Kini, hampir semua produsen rokok memiliki varian rokok mild, yang dalam peluncuran perdananya menerapkan harga begitu rendah, jauh di bawah kompetitor yang sudah mapan tapi dengan promosi yang besar-besaran. Demikian pula dengan kartu atau operator seluler baru. Keberanian Axis sebagai operator baru untuk membanting harga pada periode perkenalannya adalah salah satu geliat strategi ini untuk menjaring Pasar yang sebelumnya telah loyal pada merek operator lain.




Strategi Penetrasi Selektif (Selective Penetration Stratev).

Harga tinggi tapi strategi promosinya dilancarkan dengan biaya yang
rendah. Hal ini dapat dilakukan apabila: pasarnya terbatas, kebanyakan pembeli sudah menyadari produk tersebut, Pasar yang menginginkan produk tersebut bersedia mernbayar biaya yang tinggi, dan persaingan yang dihadapi perusahaan tidak begitu kuat. Hal ini biasanya dapat terlihat pada usaha dagang penjualan alat-alat berat atau mesin tertentu, yang menjualnya sedikit tapi harga yang
ditetapkan tinggi. Pada usaha kecil, toko retail alat-alat listrik atau plastik sebenarnya juga menerapkan strategi ini dengan membandrol harga jual produknya 50% lebih tinggi daripada harga pokok.




Strategi Profil Rendah (Low Profile Strategy).

Strategi ini menekankan Pada harga dan promosi yang rendah. Hal ini dapat dilakukan apabila:
pasarnya sangat luas, pasarnya sudah menyadari produk tersebut, pasarnya peka terhadap harga, dan perusahaan menghadapi persaingan potensial. Hal ini dapat dilihat pada usaha jasa laundry yang mencari segmentasi pasar menengah ke bawah, yang persaingannya tinggi dan menyebabkan perang harga. Di satu Sisi, usaha-usaha ini hampir tidak pernah mengeluarkan biaya promosi yang terlalu tinggi.






0 Response to "4 Strategi Yang Perlu Anda Terapkan Dalam Bisnis Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel