Mengukur Dan Menganalisa Pasar


Dalam mengemban tugas dan kewajibannya, setiap manajer pemasaran  membutuhkan berbagai perkiraan atau ramalan mengenai permintaan  Saat ini atau yang akan datang. Cara penghitungan kuantitatif sangat  berperan penting dalam analisis tentang peluang pasar, perencanaan  program pemasaran dan pengendalian kegiatan pemasarannya. Perusahaan dapat menyiapkan beberapa ramalan permintaan dari segi jumlah  kesatuan produk, dimensi waktu dan dimensi tempat.  Suatu pasar merupakan kumpulan konsumen. baik yang sesungguhnya  maupun yang potensial atas suatu tawaran produk atau jasa tertentu.

 Besarnya suatu pasar akan tergantung pada beberapa jumlah orang yang  berminat, memiliki pendapatan dan akses/kemampuan mengambil  tawaran tersebut. Dari segi pemasar sendiri, mereka harus memahami  metode-metode yang membedakan antara pasar potensial, pasar yang sudah dilayani dan Pasar yang diterobos.  Begitu juga para pemasar seharusnya mampu membedakan dengan jelas  antara permintaan pasar dan permintaan perusahaan dan pada masing-  masing permintaan tersebut dibedakan lagi antara potensi dan ramalan.

Permintaan Pasar bukanlah suatu angka tertentu, tetapi merupakan suatu  fungsi yang sangat bergantung pada beberapa variabel lain.  Satu tugas pokok seorang pemasar adalah memperkirakan dan menghitung jumlah permintaan yang ada pada Saat ini. Jumlah seluruh per-  mintaan dapat dihitung dengan metode rasio berantai yang dilakukan  dengan mengalikan suatu angka dasar dengan banyak angka persentase  sebagai penyesuai. Potensi pasar wilayah dapat diramalkan dengan  menggunakan metode pembinaan pasar dan/atau metode indeks faktor  ganda.  Sementara itu, untuk menganalisakan jumlah penjualan yang sesungguhnya,  diperlukan lebih dahulu identifikasi mengenai siapa dan berapa jumlah  pesaing, serta berapa tingkat penjualan mereka.

Terakhir, perusahaan perlu juga menghitung berapa pangsa pasar para pesaingnya agar dapat  diketahui prestasi relatif mereka.  Dalam proses menganalisa permintaan masa depan, perusahaan dapat meng  gunakan enam metode peramalan utama, yaitu survai mengenai pamrih  dan tujuan pembeli, gabungan armada tenaga penjualan, pendapat para  pakar, pengujian pasar, analisis deret berkala dan analisis permintaan  statist. Semua metode akan memadai dalam suatu keadaan tertentu dan  kurang memadai untuk digunakan dalam situasi yang lain lagi. Hal ini  tergantung pada tujuan ramalan, jenis produk serta apakah data dapat  tersedia dan dapat diandalkan.

0 Response to "Mengukur Dan Menganalisa Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel