Peranan Pemasaran Dalam Sistem-Sistem Ekonomi


Segala jenis masyarakat harus memenuhi kebutuhan para anggotanya. Oleh karena itu, setiap masyarakat  membutuhkan suatu sistem ekonomi  di mana suatu ekonomi mengorganisasi  penggunaan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan barang dan jasa serta mendistribusikannya  untuk dikonsumsi oleh berbagai jenis orang dan kelompok dalam masyarakat tersebut.  Cara suatu sistem ekonomi beroperasi bergantung pada tujuan dari suatu masyarakat dan  karakteristik dari institusi politiknya. Namun apa pun bentuknya, semua sistem ekonomi harus  mcmbangun suatu metode serta institusi ekonomi yang tepat untuk memutuskan apa dan berapa  banyak yang harus diproduksi dan didistribusikan oleh siapa, kapan, kepada siapa, dan mengapa. 

Terdapat dua jenis sistem ekonomi: ekonomi komando dan ekonomi yang diarahkan oleh pasar.  Sebenarnya, tidak ada bentuk ekonomi yang seluruhnya berbentuk ekonomi komando atau diarahkan  oleh pasar. Kebanyakan merupakan campuran dari dua sistem ekstrem ini. 

Dalam suatu ekonomi Komando (command economy), pejabat pemerintahan memutuskan apa dan  berapa banyak yang harus diproduksi oleh siapa, kapan, untuk siapa, dan mengapa. Keputusan-keputusan ini biasanya merupakan bagian dari perencanaan pemerintah keseluruhan, oleh karena itu ekonomi  komando disebut juga ekonomi terencana. Akan terdengar baik bagi suatu pemcrintahan jika mereka  memiliki suatu rencana. Tetapi pada praktiknya, upaya - upaya yang dilakukan oleh pcmerintah untak  mendikte suatu rencana ekonomi sering kali tidak berjalan sesuai rencana.

Produsen dalam ekonomi komando biasanya tidak memiliki banyak pilihan mengenai barang dan  jasa yang harus diproduksi, Tugas utama mereka adalah memenuhi kuota produksi yang dicanangkan  oleh rencana tersebut. Harga juga ditentukan oleh para perencana pemerintahan dan biasanya sangat  kaku tidak berubah seiring dengan penawaran dan permintaan. Biasanya konsumen memiliki sedikit  kebebasan untuk memilih dan tidak mungkin untuk mengontrol setiap detail. 

Namun, keberagaman  barang dan jasa yang tcrsedia biasanya sangat tcrbatas. Aktivitas seperti riset pemasaran, pembangunan  dan pemasangan iklan biasanya diabaikan, bahkan terkadang sama sekali tidak dilaksanakan. Perencanaan pernerintah dalam suatu ekonomi komando bisa jadi bekerja secara cukup baik  selama sistem ekonomi tersebut sederhana serta keberagaman barang dan jasa sedikit.

Dalam sistem ekonomi yang diarahkan pasar (market-directed economy), keputusan-keputusan individu  dari berbagai produsen dan konsumen menghasilkan keputusan tahap makro untuk keseluruhan  ekonomi. Dalam sistcm ekonomi yang murni diarahkan olch pasar, konsumen membuat keputusan  produksi untuk masyarakat ketika mereka membuat pilihan di pasar. Mereka memutuskan apa yang diproduksi dan oleh siapa melalui pilihan uang mereka.

0 Response to "Peranan Pemasaran Dalam Sistem-Sistem Ekonomi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel